Kamera Vlog dan Perlengkapan untuk Jadi Youtuber dan Instagrammer Indonesia | VLOG TIPS

Last updated on September 20th, 2019 at 06:55 pm

 

Setelah absen beberapa tahun, saya mulai blogging lagi di akhir tahun 2018. Tujuan utama saya adalah menghasilkan pendapatan tambahan (passive income) lalu mengubahnya menjadi pendapatan tetap bulanan (monthly income).

Tentunya pendapatan ini tidak datang hanya dengan memposting tulisan di blog. Saya juga harus promosikan konten saya melalui sosmed (social media marketing).

Passive income, monthly income, dan social media marketing banyak saya pelajari dari para expert dan influencer seperti Neil Patel, Brian Dean, dan Vanessa Lau. Saya fokus lebih ke arah cara mendatangkan uang dari postingan blog (blogpost) & vlog (video blog).

Baca juga:  Cukup satu kata: Blog SEO Terbaik

Anyway, ada satu hal yang saya menarik perhatian saya bahwa para expert dan influencer tersebut menyatakah bahwa kedepannya, konten video (konten media berbentuk video) akan mendatangkan lebih banyak traffic ke website.

Hal inilah yang memicu saya untuk mulai membuat vlog (video blog). Saya putuskan untuk memilih kamera vlog dan perlengkapan yang cocok bagi pemula seperti saya, seperti yang saya sharing di bawah ini.

APA YANG BISA KAMU PELAJARI DI SINI?

  • Kamera untuk vlog
  • Perlengkapan vlogger pemula
  • Hasil Foto dan Video dari Kamera di atas

TERMASUK

  • Bonus Vlog Tips #1 – Aplikasi untuk Edit Foto
  • Bonus Vlog Tips #2 – Aplikasi untuk Edit Video
  • Bonus Vlog Tips #3 – Infografik Spesifikasi Video Sosmed

Beli Peralatan Kamu di sini!
Kamera dan perlengkapan saya ini bisa kamu beli juga melalui link Afiliasi Tokopedia saya di  https://tokopedia.by/np80


 

KAMERA UNTUK VLOG

My Canon EOS 800D

Pemilihan kamera vlog harus disesuaikan dengan kebutuhan kamu supaya hasilnya maksimal.

Kalau saya pribadi, tema vlog saya travelling dimana saya suka ke pantai dan menikmati dunia bawah laut. Jadi saya mencari kamera vlog terbaik dengan kriteria berikut:

  • Kualitas gambar dan video yang baik
  • Tahan air sehinga bisa digunakan di pantai dan saat snorkeling/diving.
  • Perlengkapan kamera mudah dibeli di pasaran Indonesia.

Berikut kamera vlog yang saya gunakan:

Kamera #1 Handphone Samsung Galaxy A8 

Hp untuk Vlog

Kamera handphone adalah yang paling mudah untuk digunakan. Saya sendiri menggunakan Samsung Galaxy A8 untuk sharing konten di sosmed, khususnya untuk Instagram story, Facebook story, dan Whatsapp status.

Spesifikasi yang saya suka dari kamera handphone ini adalah kemampuan untuk menghasilkan resolusi foto FHD dan video HD. Hanya saja frame rate terbatas di 30 fps. Jadi bila saya buat YouTube video dengan frame rate 60fps di Filmora9, maka kualitas gambar yang dihasilkan tidak bagus (pecah).

Tapi overall ok bila saya gunakan untuk sosmed story dan backup kamera GoPro dan Canon saat baterai habis.

Ini contoh vlog yang saya ambil menggunakan hp Samsung Galaxy A8.

First Time Creating Vlog about Cooking Cireng (Buat Cireng) | BEGINNER’S VIDEO USING SAMSUNG A8

Kamera #2 GoPro Hero 7 Black 

My GoPro Hero7 Black

Ini Kamera Favorit Saya.

Kenapa?

Karena saya suka traveling ke pulau dan menghabiskan liburan di pantai. Jadi dengan kamera ini, saya bisa ambil foto dan video di pantai dan di bawah laut tanpa kuatir kameranya rusak.

Kualitas foto dan video cukup bagus. Resolusi video hingga 4k. Saya bisa buat video dengan 60 fps.

Kekurangannya hanya baterai yang cepat habis (tahan hanya 1 jam).

Contoh foto & video bisa dilihat di video ini:

Kamera #3 Canon EOS 800D Kit lens 18-55mm

Ini kamera DSLR pertama saya.

Kualitas dan hasil foto & videonya sangat memuaskan untuk pemula seperti saya yang masih sering menggunakan mode auto saat mengambil foto/video.

Contoh fotonya bisa dilihat di video ini:

Jalan-jalan ke Bangkok sambil Kulineran | Travel Vlog Thailand

Ada juga beberapa foto hasil editan saya yang dijual online di Dreamstime dan Shutterstock

Baca juga: Jual Foto Online, Dibayar Dolar dan ini ke-15 Situsnya (stock photos)

Fitur kameranya sendiri cukup memenuhi kriteria kamera yang saya cari. Layarnya yang touchscreen membantu saya bila ingin fokus, cukup sentuh bagian foto/video tersebut di layar camera.

Layarnya juga bisa diputar ke depan sehingga mudah mengambil foto selfie seperti ini.

Canon 800D Selfie

 

 




 

PERLENGKAPAN KAMERA UNTUK VLOG

My Vlogging Equipments
My Vlogging Equipments

Perlengkapan kamera untuk vlog yang saya miliki lumayan banyak. Entah karena saya perempuan (suka belanja) atau memang harus sebanyak itu. Anyway, ini peralatan yang saya miliki:

1. Tongsis Monopod Attanta  untuk hp, GoPro, microphone

Tongsis ini saya gunakan saat snorkeling dan buat video dengan hp.

Tongsis GoPro

Contoh video: JAPANESE SHIPWRECK • BEST TIME SNORKELING IN AMED BALI | Bali Travel Vlog

 

2. Boya Shotgun Microphone untuk smartphone, GoPro, Canon dslr

Karena saya masih belum pede untuk tampil di depan, microphone ini saya gunakan untuk mengisi suara video seperti dalam video Instagram di bawah ini.

View this post on Instagram

❓Can you grow IG account with more than one niche ? 🤔 Instagram experts said it's better to have 1 niche, especially for those who is new to Instagram marketing. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ But how if I want to post about my trip and food and how I create my #travelvlog? ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Honestly, it's confusing 😅. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Anyway, this video is a brief introduction of me ✌. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Here, I share my passion of travel & food, plus the tips I learnt as new content creator. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Instagram is the main platform to promote the contents I created in my blog, YouTube, Patreon, or when I do #guestpost for others, etc. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ So, we'll see if I can grow this account with more than one #niche 😁⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ ❓⁣ How about your account? ⁣⁣⁣ Do you use one or more niche? ⁣⁣⁣ Let me hear your thoughts in the comment below 😉⁣ ⁣⁣⁣ ⁣⁣ #TravellingAngelStory #instagramtip #instabio #introductions #thetravelwoman #foodietravel #foodtraveler #foodtravelstories #ilovetoeat #youtubesubsriber #patreoncreators #patreon #nichecommunity #nicheideas #petualang #kulineran ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ 🎥 in the video ⁣⁣⁣ 🔸️#nusapenida view ⁣⁣⁣ 🔸️steak at @steakholycow ⁣⁣⁣ 🔸️#ubudbali⁣⁣ 🔸️breakfast at #caracarainn kuta ⁣⁣⁣ 🔸️sunset at #amedbeach 🔸️#kutabeach during daytime ⁣⁣⁣ 🔸️snorkeling in #pahawang & #amedbali ⁣⁣⁣ 🔸️#thepizza company ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ 🎵 Music 🎵⁣⁣⁣ SaxoSun by BraveLion ⁣⁣⁣ https://soundcloud.com/bravelion ⁣⁣⁣ Music provided by Free Music for Vlogs ⁣⁣⁣ https://youtu.be/5Lk5Mwq6GvY⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Editing tool #madewithfilmora – @canva

A post shared by NOVANGELY | Food Travel Guide (@novangely) on

3. Dual Battery Charger untuk Gopro

Seperti yang saya jelaskan di atas, baterai kamera GoPro bertahan maksimal 1 jam. Jadi saya beli tambahan baterai yang kebetulan ada yang jual satu paket dengan dual charger ini. Produk ini berguna sekali karena bisa charge dua baterai sekaligus.

4. Super Suit untuk Gopro

Saya pecinta pantai dan dunia bawah laut. Dulu saya suka diving, namun sekarang lebih banyak snorkeling. Nah, Super Suit ini sebenarnya housing untuk diving hingga kedalaman 60m. GoPro Hero7 Black sendiri bisa digunakan hingga kedalaman 10m.

Sedangkan saya menggunakan perlengkapan GoPro ini lebih untuk melindungi kamera dari pasir dan siapa tahu suatu hari saya akan diving lagi.

Btw, saya ambil video ini dengan kamera GoPro yang menggunakan Super Suit.

View this post on Instagram

Hello from #Bali 😎 Posting these raw files from the island of Gods (unedited). I am here for Easter Holiday, plus I need a break from everything… My main destination >> Nusa Penida 👈 to explore this island, east & west part. I will post more about my trip after finishing the Thailand posts. In the meantime, check out my insta stories for latest trip info! 😉⁣ ⁣ <Travel Tips & Photos>⁣ 🌏 Nusa Penida, Bali island, Indonesia⁣ …..Crystal Bay⁣ …..Kelingking beach⁣ …..Angel's billabong⁣ …..Broken beach⁣ 👉 See my "Bali✈" Insta Story Highlights⁣ 📸 #Canon800D #GoProHero7 #SamsungA8⁣ ⁣ <Vlog>⁣ 🎬 FilmoraGo App⁣ 🎵 Heartbeat by LiQWYD ⁣ https://soundcloud.com/liqwyd ⁣ 🎶 Music provided by Free Music for Vlogs https://youtu.be/YejsJq221Fc⁣ ⁣ ⁣ #TravellingAngelStory #FilmoraGo⁣ #WonderfulIndonesia #VisitBali #NusaPenida #Kelingkingbeach #AngelBillabong #BrokenBeach #IndonesianBlogger #TravelBloggers #TravelTips #BaliGuide #TravelGrammer #Placesoftheworld #Travelwithme #Wanderlife #Id_pelajan #TravelWithMe #shewanders #backpackingasia #awesometravel #wandergram #shetravelz #solotraveldiaries #womentravel

A post shared by NOVANGELY | Food Travel Guide (@novangely) on

5. Laptop Asus Zenbook UX331U  (i5-8250U, 8GB RAM)

Ini laptop pertama yang saya miliki. Saya beli karena desktop pc saya tidak mampu untuk mengoperasikan aplikasi edit foto dan video editor dengan smooth.

Laptop ini sendiri tidak ada masalah saat edit foto dan video. So far, tidak ada masalah.

Proses edit foto dan video lancar. Kualitas warna layar juga bagus. Cocok untuk pemula seperti saya.

Asus Laptop untuk edit video

6. HDD External WD Elements 1TB untuk backup data laptop dan camera

Ketika kamu mulai terjun ke dunia vlogging atau blogging, kamu harus sedia external drive untuk back-up foto dan video yang kamu ambil atau konten lainnya yang kamu buat.

Produk WD Elements ini cukup cepat untuk transfer foto dan video yang jumlahnya lumayan banyak. Bahkan lama waktu transfernya lebih cepat daripada external drive saya yang satu lagi, WD My Passport.

7. Lowerpro Dashpoint Hardcase untuk Gopro

Case ini berguna banget untuk menyimpan kamera dan peralatan GoPro saya.

Jadi saya tidak perlu kuatir akan rusak bila dimasukan ke bagasi.

8. Waterproof Backpack untuk semua perlengkapan vlog kamu

Sebagai pecinta liburan ke pulau, tas waterproof itu penting banget.

Saya lebih suka yang model backpack dengan kapasitas minimal 25lt jadi semua kamera dan perlengkapannya bisa masuk.


Nah, seperti yang saya tulis di atas,
semua kamera dan perlengkapan saya ini
bisa kamu beli melalui link Afiliasi Tokopedia saya di tokopedia.by/np80


Oh ya, saya ada info tambahan mengenai Aplikasi Edit Foto dan Aplikasi Edit Video yang saya gunakan untuk membuat vlog, serta tips ukuran video untuk sharing di sosmed (infographik).

 

★ BONUS VLOG TIPS ☆

 BONUS #1 – APLIKASI EDIT FOTO

 Aplikasi edit foto diperlukan untuk:

  • membuat thumbnail/cover video.
  • membuat foto yang berhubungan dengan vlog kamu dan digunakan untuk mempromosikan (sharing) konten vlog kamu di sosmed.
  • edit foto yang akan dimasukan ke vlog atau bila kamu ingin membuat postingan blog menjadi vlog seperti video saya berikut ini:

Bali Travel Guide – What is the best beach in Bali, out of 23 beaches I’ve been to?

Berikut daftar aplikasi yang saya gunakan untuk edit foto:

  1. Picsart (android, ios) – gratis
  1. Canva (android, ios, pc/komputer) – gratis
  1. Adobe Photoshop & Lightroom (pc/laptop) – berbayar

 

BONUS #2 – APLIKASI EDIT FOTO

Berikut daftar aplikasi yang saya gunakan untuk membuat Vlog:

  1. Quik (android, ios) – gratis
  1. Filmora Go (android, ios) – gratis
  1. Openshot (pc/laptop) – gratis
  1. Kinemaster (android, ios) – gratis dengan watermark
  1. Filmora9 (pc/laptop) – berbayar

 

BONUS #3 – SPESIFIKASI POSTINGAN VIDEO DI SOSMED

Saat membuat video, kamu pasti akan diminta untuk memilih rasio, resolusi, frame rate untuk video kamu.

Spesifikasi tersebut bisa kamu lihat di infografik ini:

Infografik Spesifikasi Video Sosmed
Infografik Spesifikasi Video Sosmed

Sumber:
Rasio – Google Support
Resolusi Layar – Wikipedia
Mengenal Frame Rate – bayu_pratama’s blog

Lebih lengkapnya, cara membuat vlog dengan aplikasi edit video di atas akan saya bahas di postingan berbeda.

 

AKHIR KATA . . .

Nah, gimana menurut kamu mengenai perlengkapan vlogger dan tips saya di atas?
Tulis pendapat kamu di comment ya!

Saya harap postingan ini bisa membantu kamu menemukan kamera vlog terbaik beserta perlengkapannya. Lalu membuat video dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di atas.

Bila kamu SUKA postingan kamera vlog dan perlengkapannya ini, mohon dibantu untuk SHARE di medsos kamu dan FOLLOW INSTAGRAM saya di @travellingangelstory (Bahasa Indonesia) atau @novangely (Bahasa inggris) serta SUBSCRIBE YOUTUBE saya “The Travelling Angel“.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *