<

Biaya Facebook Ads Murah atau Mahal bagi Blogger Pemula?

Postingan ini merupakan opini saya

sebagai seorang Blogger Pemula terkait pengalaman mencoba promosi Facebook post dan website di Facebook Ads minggu ini serta analisa biaya Facebook Ads-nya .

Kenapa masih Blogger Pemula?

Saya sebenarnya sudah lama berkecimpung di dunia blogging. Sebelum saya punya blog ini, saya pakai free wordpress domain, Travelling Angel dan My Stay In Budget Hotel. Namun saya sempat vakum beberapa tahun karena kesibukan di kantor dan lainnya.

Tahun ini saya mulai blogging lagi. Tujuan utama untuk memperoleh passive income dengan mengembangkan keterampilan yang saya miliki, seperti menulis. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, saya harus memiliki blog dengan personal domain sehingga bisa bergabung di program Goggle Adsense atau afiliasi marketing lainnya. Hal ini tentu saja membuat saya harus melakukan semuanya dari awal. Karenanya IMO saya ini masih seorang Blogger Pemula.

Meningkatkan Traffic Blog Baru

Kembali IMO, tantangan yang paling sulit bagi seorang Blogger Pemula adalah meningkatkan traffic ke blog. Saya agak ‘ngenyes’ juga karena harus meninggalkan salah satu wordpress blog saya dengan traffic lebih dari 50,000. Sayangnya biaya beli domain dan sewa hosting di wordpress di atas budget saya. Sedangkan isi kedua blogs tersebut walaupun sudah dipindah ke personal domain/blog baru, saya harus tetap membangun traffic dari awal.

Tertarik dengan Facebook Ads

Kalau kamu aktif di Facebook, pasti kamu pernah nemuin penawaran untuk boost (meningkatkan viewer) salah satu Facebook post (FB post) kamu atau pin post tersebut ke bagian atas halaman Facebook kamu . Penawaran ini juga sering saya temui kalau lagi ngecek Facebook. Terutama sejak saya membuat Facebook Page untuk blog ini. Kalau saya ketemu Ads ini pas browsing, biasanya liat sekilas saja lalu di- ignore, hingga suatu hari…

Tepatnya hari Rabu lalu, saya iseng nyoba-nyoba nge-klik penawaran Facebook Ads tersebut. Karena di satu sisi, penampakan iklannya cukup menarik, terutama yang dalam bentuk slideshow. Saya jadi penasaran pengen cek biaya iklan sebenarnya dan apakah sistem ini cukup efektif? Kebetulan saya sedang memikirkan cara promosiin blog saya untuk meningkatkan website traffic. Jadi saya cukup tertarik ikut Facebok Ads tersebut.

Biaya Facebook Ads

Setelah dikutak-katik, ternyata biaya Facebook Ads ada yang hanya Rp10.000 per hari. Wow! Ini murah  banget! Saya kaget lihatnya dan langsung putuskan untuk ikut.

FB post yang saya buat menjadi Ads pertama kali adalah sebuah foto berbentuk animasi before & after photoshopped. Saya pilih dalam bentuk video view. Namun karena saya langsung tekan tombol yang ditampilkan di penawaran Facebook, tanpa baca isi syarat dan ketentuan promosi atau konten FB postnya, permintaan saya ditolak Facebook (penolakan ini akan saya bahas di blog post berikutnya).

Kembali ke percobaan promosi lewat Facebook Ads yang hanya Rp10,000 per hari, saya putuskan untuk mencoba lagi dan kali ini untuk FB post berbeda. Saya pilih tujuan iklan yang untuk menambah jumlah pengunjung ke website dan berikut salah satu bentuk promosi Ads saya:

FB post yang di-Boosted: Transportation in Thailand dan isinya ada link yang terhubung dengan blog post saya.

Produk Facebook Ads yang saya pilih

  • – Jenis: Boosted Post – Post Engagement
  •  – Tujuan: Getting More Website Visitors atau meningkatkan jumlah visitor/website traffic dengan memperbanyak jumlah klik (link cliicks) sehingga .
  • – Melalui Mobile News Feed, Desktop Nest Feed, Mobile Marketplace, Instagram Feed

Sasaran Iklan

  • – Lokasi: Indonesia, Thailand, Spain, France, UK, Netherlands, Singapore USA
  • – Umur: 18-36
  • – Interest/minat: Adventure travel, solo travel society, backpackers, travel

Durasi: 2 hari

Biaya:  Rp20rb (Rp10rb per hari)

Estimasi people reached/viewer: 360 juta viewer pengguna dengan estimasi jumlah link click ke blog post




Hasil Analisa Penggunaan Boosted Post di Facebook Ads

Hal pertama yang saya lihat dari produk iklan ini adalah penyajian data yang comprehensive. Data dapat dilihat di Facebook mobile dan lebih detilnya bisa dicek di Facebook Ads Manager dari desktop pc/notebook. Melihat lengkapnya data tersebut, saya jadi penasaran, apakah efektif menggunakan advertising tool ini? Data ini pun saya olah dan berikut hasil penggunaan Facebook Ads selama 2 hari penggunaan:

!! Realisasi biaya sesuai budget, Rp20.000 untuk 2 hari (100%)

!! Lokasi saya terlalu luas untuk dijangkau dalam waktu 2 hari dengan budget rendah. Akhirnya saya perkecil pilihan lokasinya.

!! People reached:

— User yang dijangkau iklan mencapai 3.293 user (0.001% dari estimasi aplikasi di awal) tetapi meningkat 6.586% dari jumlah biasanya yang di angka 50-an.

— Paling banyak dari Indonesia dan Thailand.

!! Click Link:

— Link di FB post diklik sebanyak 22 kali, sekitar 124% lebih tinggi dari target saya yang 10% dari estimasi (28-178 kali utk 2 hari).

— Dari 22 click, tercatat ada 51 visitor atau 232% dari jumlah click link tersebut (data Awstats RumahWeb) di status pengunjung blog saya.

— Jumlah pengunjung ke blog post terkait: ………… sayangnya saya tidak bisa lihat datanya karena plugin Monster Insight error, baru di-reinstal, jadi datanya ke-reset dari awal. ><”

!! FB post like meningkat 900%.

illustration

Hasil Analisa Biaya Facebook Ads

IMO, perhitungan biaya ini harus dibuat dengan melihat kepentingan promosi iklan kamu. Saya pribadi ingin meningkatkan traffic ke blog saya dan traffic ke FB Page saya. Jadi saya fokus ke 4 target, yaitu:

  • jumlah visitor ke blog secara keseluruhan, yang merupakan angka perkiraan karena tidak 100% visitor datang dari Facebook Ads.
  • jumlah klik link ke blog post yang saya promosikan (lihat di blog stats plugin)
  • jumlah klik ke FB post,
  • jumlah viewer atau orang yang melihat iklan tersebut.

Jika total biaya = Rp20,000 dalam durasi 2 hari, maka perhitungan biaya saya menjadi sebagai berikut:

Traffic ke Blog

  • 1. Peningkatan hingga 51 visitor = Rp392/visitor
  • 2. Peningkatan hingga ….. klik ke blog post yang saya promosikan berdasarkan catatan di plugin blog stats  = Rp…… (bagian ini tidak bisa diukur karena data tidak lengkap)

Traffic ke FB Page

  • 3. Peningkatan hingga 9 post like = Rp2.222/like
  • 4. Peningkatan hingga 3,239 impression/buat saya viewer (orang yang mengetahui FB Page saya)= Rp6,17/viewer

Kesimpulan

Bila dilihat dari sisi penggunaan Facebook Ads itu sendiri, maka…

Kelebihan Facebook Ads, yaitu:

  • (+) Penyajian data yang lengkap.
  • (+) Mudah untuk mengecek hasil dari promosi tersebut.
  • (+) Facebook Ads Manager mudah dimengerti dan dipelajari.
  • (+) Promosi iklan tidak terbatas di portal Facebook.
  • (+) Dapat memilih sendiri target promosi kita berdasarkan lokasi/minat/umur/gender.

Kekurangan Facebook Ads, yaitu:

  • (-) Facebook Ads Manager hanya bisa diakses dari desktop pc.

Bila dilihat dari sisi biaya, maka kita harus membandingkan dengan tujuan ikut Facebook Ads. Apakah hanya coba2? Penasaran dengan biaya? Ingin blog atau Facebook Page kita dikenal lebih banyak orang? Atau untuk mendapatkan traffic ke blog kita sehingga mendapatkan passive income lebih?

Saya pribadi ingin menambah jumlah visitor ke website saya yang mana akhirnya bisa mulai mendapatkan passive income. Jadi saya membuat perhitungan dengan membandingkan pendapatan melalui CPM Ads system, dimana blogger bisa mendapatkan $1 per 1,000 impression.

Anggap saja 1.000 visitor = 1.000 impression = $1 (saat ini sekitar Rp14.000)
Bila hasil Facebook Ads = 51 visitor = Rp20.000, maka 1.000 visitor = Rp392.150.

Biaya tersebut tentunya di luar budget saya. Menurut saya, salah satu faktor utama penyebabnya adalah saya salah sasaran iklan.

Berikutnya saya coba lihat bahwa sebagai blog baru, saya ingin blog baru saya dikenal orang (brand awareness).  Hasil Facebook Ads saya mencatat ada 3,239 orang (impression) yang melihat postingan saya. Kembali lagi ke CPM Ads system, blogger bisa mendapatkan $1 per 1.000 impression.

Anggap saja 1.000 visitor = 1.000 impression = $1 (saat ini sekitar Rp14.000)
Bila hasil Facebook Ads = 3.239  impression, maka kita seharusnya membayar sekitar Rp45,346.

Biaya ini tentunya lebih bisa diterima karena biaya yang saya keluarkan Rp20.000, hanya 44%-nya.

Jadi IMO, Facebook Ads dapat membantu Blogger Pemula seperti saya untuk memperkenalkan blog baru ke seluruh dunia.

Catatan
Pengalaman saya beriklan di Facebook Ads masih fresh dan baru banget. Saya sebagai Blogger Pemula masih perlu mempelajari dan analisa lebih lanjut agar penggunaan Facebook Ads menjadi lebih efektif dan efisien (dan bukan hanya nyoba iseng2 seperti sebelumnya).

Apakah Saya Masih Berminat Ikut Facebook Ads?

Tentu saja!

Bagaimana dengan kamu ?

 Apabila kamu punya pengalaman analisa biaya Facebook Ads untuk blog pribadi kamu atau saran/masukan agar biaya Facebook Ads menjadi lebih efisien, silahkan sharing-sharing di  bawah ini!

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *